Rabu, 19 Oktober 2011

KONSEP JARINGAN PADA KOMPUTER




     Jaringan adalah sekumpulan atau sekelompok komputer serta perangkat lain pendukung komputer yang menjadi satu kesatuan yang dapat digunakan untuk bertukar data,informasi serta perangkat tambahan lainnya

Sejarah jaringan:

     Sejarah jaringan itu sendiri pertama kali dimulai pada tahun 1969,yaitu ketika departemen pertahanan amerika serikat membentuk Defense Advance Research Projects Agency(DARPA)mengenai riset tentang cara menghubungkan sebuah komputer hingga membentuk sebuah jaringan yg sering disebut dengan istilah (ARPANET)Advance Research Projects Agency NETwork.Pada tahun 1970,lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan,saling berkomunikasi,dan membentuk sebuah jaringan.pada tahun 1972,roy tomlison berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET.
     Program e-mail tersebut begitu mudah dan lansung populer saat itu. pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat.seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini.
Jenis-jenis jaringan:

A. LAN (Local Area Network)
LAN adalah sebuah jaringan pribadi yang berada dalam sebuah ruangan atau kampus yag memiliki jangkauan beberapa kilo meter.LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

B.MAN(Metropolitan Area Network)
MAN adalah versi dari LAN namun memiliki jangkauan yang lebih luas.MAN digunakan untuk saling brhungan antara satu gedung atau sebuah kota.MAN dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

C.WAN (Wide Area Network)
WAN memiliki jangkauan yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

D.Internet 
Internet adalah sebuah sekumpulan jaringan yang saling terkoneksi dan saling terhubung yang memungkinka utuk saling brtukar data dengan mesin gateway.

E.Jaringan Tanpa Kabel (Wirreless)
Jaringan tanpa kabel yang digunakan sebagai solusi sebuah jaringa yang digunakan saat keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengunakan sebuah jaringan kabel.Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat.
Topologi jaringan: 

   Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya sehingga membentuk jaringan.cara yang saat ini sering digunakan adalah topologi bus,token ring,dan star.
1.     Topologi BUS
     Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:                              Kerugian:
- Hemat kabel                            - Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
- Layout kabel sederhana           - Kepadatan lalu lintas
- Mudah dikembangkan              - Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
                                                - Diperlukan repeater untuk jarak jauh
2.     Topologi TokenRING
     Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:                              Kerugian:
- Hemat kabel                            - Peka kesalahan
                                                - Pengembangan jaringan lebih kaku
3.     Topologi STAR
      Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
- Paling fleksibel                      
- Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
- Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian:
- Boros kabel                     
- Perlu penanganan khusus
                        - Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
 Tipe-tipe jaringan komputer
      
1.jaringan client-server
       jaringan yang dimana terdapat dua bagian yaitu client dan server.server sendiri adalah sebuah komputer yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi komputer-komputer lain dalam sebuah jaringan,sedangkan client adalah komputer-komputer yang menerima atau yang menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.dan yang paling penting adalah pada jaringan client-server ini server murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas bagi client-client yang ada pada jaringan tersebut dan server tidak dapat berperan sebagai client.jaringan ini mempunyai keunggulan serta kelemahan diantaranya:
Keunggulan:
  A.Akses data lebih cepat
  B.Sistem keamanan dan administrator lebih baik
  C.Sistem back-up data lebih baik
Kelemahan:
  A.Biaya mahal
  B.Diperlukan satu komputer untuk brtindak sebagai server
  C.Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server
2.jaringan peer to peer
        jaringan yang dimana terdapat dua bagian yaitu client dan server.pada jaringan peer to peer ini server tidak berperan sepenuhnya sebagai server tetapi juga bisa sebagai client.jaringan ini juga mempunyai keunggulan serta kelemahan diantaranya:
  Keunggulan:
   A.Dapat berbagai fasilitas yang dimiliki seperti printer
   B.Biaya lebih murah
   C.Kelangsungan jaringan tidak bergantung pada server
  Kelemahan:
   A.Troubleshooting(penyelesaian masalah pada komputer) jaringan relatif lebih sulit
   B.Unjuk kerja lebih rendah
   C.Back-up harus dilakukan oleh masing-masing komputer

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar